Fadhilah Keutamaan Membaca Dua Ayat Penutup Dari Surat Al-Baqarah

1. Mencukupi (Menjaga) dari Segala Keburukan

Dari Abu Mas'ud Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa membaca dua ayat dari akhir Surat Al-Baqarah, niscaya keduanya mencukupi (menjaga)nya (dari segala keburukan)." (HR. Al-Bukhari, 6/231 dan Muslim no. 808)

2. Membaca satu huruf dari keduanya (yang mengandung doa) kecuali pasti diberi

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: "Saat jibril sedang duduk bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia mendengar sebuah suara seperti pintu dibuka dari atas, lalu dia mengangkat kepalanya, dia berkata "Ini adalah sebuah pintu di langit yang hari ini dibuka, sebelumnya tidak pernah dibuka sekali pun selain hari ini.' Darinya seorang malaikat turun, maka Jibril berkata, 'Ini adalah malaikat yang turun ke bumi, dia belum pernah turun turun sekalipun kecuali hari ini.' Malaikat itu mengucapkan salam dan berkata, 'Berbahagialah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu dimana keduanya tidak diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, yaitu Surat Al-Fatihah dan penutup surat Al-Baqarah, kamu tidak membaca satu huruf dari keduanya (yang mengandung doa) kecuali pasti diberi'." (HR. Muslim no. 806)

3. Dianjurkan dibaca di satu rumah selama tiga malam, setan akan menjauhinya

Dari an-Nu'man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah menulis sebuah kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, lalu Allah menurunkan darinya dua ayat yang dengan keduanya Allah menutup Surat Al-Baqarah, keduanya tidak dibaca di satu rumah selama tiga malam, kecuali setan menjauhinya." (Diriwayatkan oleh al-Baghawi dalam Syarh as-Sunnah no. 1201: at-Tirmidzi no. 2885; lihat Shahih al-Jami' no. 1795; dan Ahmad dalam Musnadnya 4/274)

4. Dari sebuah gudang perbendaharaan di bawah Arasy

Dari Uqbah bin Amir al-Juhani Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Bacalah dua ayat dari akhir Surat Al-Baqarah karena sesungguhnya keduanya diberikan kepadaku dari sebuah gudang perbendaharaan di bawah Arasy." (HR. Ahmad dalam Musnadnya 4/147 dan lihat Tafsir Ibnu Katsir 1/294. Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata Sanadnya Hasan)

Komentar