Fadhilah Keutamaan Surat Al-Falaq dan An-Naas

1. Tidak Pernah Ada Surat yang Setara dengannya

Dari 'Uqbah bin 'Amir Radhiyallahu ‘anhu, berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Apakah kalian tidak memperhatikan ayat-ayat yang diturunkan semalam yang tidak pernah ada ayat yang semisal dengannya? yaitu surat Al-Falaq dan surat An-Naas." (HR. Muslim dalam Shahih-nya no. 814)

2. Surat Al-falaq dan Surat An-Naas adalah Dua Surat Terbaik dan Dianjurkan untuk dibaca Setiap Waktu

Dari 'Uqbah bin 'Amr Radhiyallahu ‘anhu, Berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku: "Maukah engkau aku ajarkan kepadamu dua surat terbaik yang dibaca oleh umat manusia?" Kemudian beliau membacakan surat Al-Falaq dan An-Naas. Ketika shalat subuh tiba, beliau maju menjadi imam kemudian membaca kedua surat tersebut. Setelah selesai shalat, beliaumelintas di hadapanku dan bertanya: "Bagaimana menurutmu wahai 'Uqbah? Bacalah setiap engkau tidur dan bangun." (HR. Abu Dawud dan An-Nasaa'i no. 5439, redaksi hadits ini miliknya. Ibnu Khuzaimah dalam Shahiih-nya no. 534. Al-Albani men-shahih-kannya dalam Shahiih Abi Dawud no. 1462, seraya meng-hasan-kannya dalam Shahiih an-Nasaa'i no. 5452 dan Ath-Thahawi men-shahih-kannya dalam Syarh al-Musykil al-Atsar 1/114)

3. Doa Minta Perlindungan yang Paling Memadai di Sisi Allah

 Dari 'Uqbah nin 'Amir Radhiyallahu ‘anhu, berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Tidaklah engkau membaca sesuatu yang lebih memadai di sisi Allah dari surat Al-Falaq dan surat An-Naas." (HR. An-Nasaa'i. Syaikh Al-albani men-shahih-kan dalam Shahiih an-Nasaa'i no. 952)

4. Menjaga Seseorang dari Gangguan Jin dan 'Ain (Mata Dengki) Orang lain

Dari Abu Sa'id al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berlindung dari jin dan mata manusia sampai al-Mu'awwidzatain (Surat Al-Falaq dan An-Naas) diturunkan. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun membacanya dan meninggalkan yang lainnya." (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah no. 2846 dan dalam Shahiih al-Kalim ath-Thayyib no. 189)

5. Surat yang Paling Utama untuk Meminta Perlindungan

Dari 'Uqbah bin 'Amir Radhiyallahu ‘anhu berkata: "Ketika saya berjalan bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di antara Jahfah dan 'Abwa, tiba-tiba angin dan gelap menutupi kami, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun meminta perlindungan Allah dengan surat Al-Falaq dan An-Naas. Beliau bersabda: "Wahai 'Uqbah berlindunglah dengannya, karena tidak ada orang yang berlindung dengan suatu perlindungan yang semisal dengannya." 'Uqbah bin Amir menambahkan: "Saya mendengar beliau membacanya dalam shalat saat mengimami kami." (HR. Abu Daud. Syaikh Al-Albani men-shahih-kannya dalam Shahiih Abi Dawud no. 1463 dan Shahiih al-Jaami' no. 2593)

Komentar