Fadhilah Keutamaan Surat Al-Kafirun

Surat Al-Kafirun Setara dengan Seperempat Al-Qur'an

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhu berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Qul huwallahu Ahad" setara dengan sepertiga Al-Qur'an dan "Qul yaa ayyuha al-Kaafirun" setara dengan seperempat Al-Qur'an." Beliau membacanya pada 2 rakaat fajar dan beliau bersabda: "Di dalam dua rakaat ini terdapat pahala yang besar."

(HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 1/566, Ath-Thabrani dalam Al-Mu'jam al-Kabir 3/203, al-Mundziri meng-hasan-kannya, Al-Albani menghukumi shahih lighairihi dalam Shahih at-Targhib no. 538 dan Shahih al-Jami' no. 4405, beliau berkata dalam As-Shahihah (586): "Hasan dengan kesemua jalan-jalannya.")

 

Membacanya Sebelum Tidur Adalah Sikap Berlepas Diri dari Kesyirikan

Dari  Fuwah bin Naufal Radhiyallahu 'anhu, dari bapaknya bahwasanya beliau mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: "Wahai Rasulullah! Ajarkan kepadaku sesuatu yang aku ucapkan apabila aku menuju ke tempat tidurku!" Beliau berkata: "Bacalah "Qul yaa ayyuha al-Kaafirun" dan tidurlah setelah membacanya hingga selesai, karena surat tersebut adalah sikap berlepas diri dari kesyirikan."

(HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban dalam Shahih-nya no. 789. Al-Mundziri meng-hasan-kannya, Ibnu Hajar men-shahih-kannya dalam Taghliqu at-Ta'liq 4/408 dan Al-Albani men-shahih-kannya dalam Shahihu at-Tirmidzi no. 3403 dan Shahih Abi Daud no. 5055)


Sunnah Membaca Surat Al-Kafirun dalam Witir

Dari Ubay bin Ka'ab Radhiyallahu 'anhu berkata: "Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada rakaat pertama dalam shalat witir membaca; "Sabbihisma Rabbika al-A'la" dan pada rakaat kedua membaca; "Qul yaa ayyuha al-Kaafirun" dan pada rakaat ketiga beliau membaca "Qul huwallahu Ahad".

(HR. Abu Daud dan An-Nasaa'i dalam Sunan-nya dari Ubay bin Ka'ab, Al-Albani men-shahih-kannya dalam Shahih Abi Daud no. 1423, Shahihu an-Nasaa'i no. 1699)


Sunnah Membacanya dalam Shalat Sunnah Rawatib Fajar dan Maghrib dan Dua Rakaat Thawaf

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca; "Qul yaa ayyuha al-Kaafirun" dan "Qul huwallahu Ahad" pada dua rakaat fajar. (HR. Muslim no. 726)

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhu, beliau berkata: "Saya melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak dua puluh empat atau dua puluh lima kali beliau membaca pada dua rakaat sebelum shalat subuh dan setelah maghrib yaitu surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

(HR. Ahmad dan An-Nasaa'i, Ahmad Syakir men-shahih-kannya dalam ta'liqnya terhadap Musnad Ahmad 8/61, Al-Albani meng-hasan-kannya dalam Shahihu an-Nasaa'i no. 991 dan beliau juga men-shahih-kannya yang seperti itu dalam As-Shahihah no. 3328)


Komentar